Translate

Hobi-Hobi- Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis

Hobi Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis

Saya pernah mengikuti banyak seminar kewirausahaan. Ada banyak tips yang dibagikan dalam seminar-seminar tersebut. Salah satunya adalah awalilah berbisnis dengan hobi anda. Kenapa? Karena berbisnis dengan hobi yang kita sukai, maka bisnis tersebut akan dijalani dengan kecintaan yang pada akhirnya akan bisa bertahan bahkan bisa berkembang lebih besar.

Banyak contoh kasus orang-orang yang terjun dalam dunia kewirausahaan dan sukses dalam bisnisnya karena diawali dengan hobinya. Mooryati Soedibyo, misalnya. Beliau adalah Pemilik PT. Mustika Ratu. Kesuksesan bisnisnya diawali karena hobi membuat jamu. Ada juga Martha Tilaar, pengusaha produk kosmetik terkenal di Indonesia. 

Beliau juga salah satu orang sukses yang berbisnis karena hobi. Diluar negeri misalnya Bil Gates yang hobi mengutak-atik program komputer hingga pada akhirnya sekarang menjadi orang terkaya di dunia.


Dikutip dari journal.amikom.ac.id, bahwa dalam ilmu psychology of success, dari 2000 orang sukses yang diteliti, 

ternyata 80% adalah orang yang menyukai apa yang dia lakukan. Mengapa ini bisa terjadi? Ternyata karena adanya faktor kesukaan itu dapat menghadirkan energi sukses sehingga menghasilkan daya dorong yang luar biasa. Oleh karena itu, 

bagi anda yang hingga sekarang masih bingung belum menemukan ide bisnis apa yang akan dikembangkan, maka barangkali bisa memulainya melalui hobi anda.

Sebagai inspirasi dan untuk memudahkan ide bisnis melalui cek list hobi, berikut saya tulis daftar hobi yang bisa anda jadikan bisnis

1. Nonton

Tahun 2011 saya pernah mewawancarai narasumber yang akan saya dijadikan buku. Narasumber tersebut adalah pedagang film dalam format DVD asli bukan bajakan. Saya tanya berapa penghasilanna perbulan? Ia katakan sekitar Rp.500.000 bersih. Kenapa dia jualan DVD film? Katanya berawal dari hobi. 

Jadi si pedagang ini punya hobi nonton film sehingga dia sering membeli DVD film asli. Karena makin hari makin banyak, si pedagang ini mulai berpikir daripada menumpuk di rak-rak rumah lebih baik dijualnya lewat toko online. 

Nah, silahkan bagi anda yang hobi nonton film, ide bisnis berjualan DVD film bekas yang sudah kita tonton bisa dijual. Asal yang asli yah, jangan yang bajakan!!!. Soalnya klo bajakan, banyak dijual dilapak-lapak pedagang kaki lima. Kalau yang asli biasanya orang yang membeli berkaitan dengan kepuasan batin misalnya sebagai seorang kolektor film.

2. Otomotif

Saya punya seorang teman yang menggemari motor tua Vespa. Karena kesukaanya itu, ia membuka bengkel service Vespa lengkap dengan suku cadang serta aksesorisnya. 

Bukan hanya motor, bagi yang hobi dengan mobil pun bisa mencobanya. Saat ini banyak komunitas-komunitas otomotif terbentuk. Ini adalah peluang untuk memasarkan produk-produk otomotif ke mereka. 


3. Fotografi

Hobi fotografi saat ini bisa dibilang pesat. Walau tidak harus memanfaatkan kamera DSLR yang berharga mahal, kini orang-orang bisa memanfaatkan smartphone dengan camera yang beresolusi tinggi. 

Memang hasilnya tidak sebagus kamera DSLR yang memang benar-benar untuk kegiatan fotografi. Namun demikian, cukup lumayan untuk sekedar mengabadikan objek foto-foto yang bagus dan menarik. 

Biasanya bisnis jasa fotografi seperti pra-wedding, acara keluarga, kegiatan perusahaan, organisasi kemanusiaan, pembuatan buku kenangan, dll. Ada juga yang menjual hasil objek foto melalui website khusus foto yang disediakan secara gratis. 

4. Kuliner dan Memasak

Bagi yang hobi dengan kuliner dan memasak, mungkin akan lebih cocok buka usaha katering atau rumah makan. Kisah suksesnya Dapur Coklat adalah sebuah bukti bisnis yang dimulai karena pemiliknya hobi memasak.  

Kemudian ada Reza Nurhilman (AXL) pemilik keripik Maichi Bandung, Puspo Wardoyo pemilik Ayam Bakar Wong Solo, dan masih banyak yang lainya.

5. Kerajinan Tangan (Handycraft)

Bagi orang kreatif yang senang dengan produk kerajinan tangan buatannya sendiri, maka ini adalah sebuah peluang besar. 

Bagi kaum wanita ada yang suka merajut, membuat monceng dari kain flanel, membuat boneka dari kain bekas, dll. Sedangkan untuk kaum lelaki misalnya membuat miniatur pesawat, mobil atau motor. Kemudian membuat lampu unik dengan botol bekas, pigura dari kayu bekas, dll. Salah satu contoh orang yang sukses dengan membuat replika dari koran bekas

6. Mancing

Anak muda yang hobi bermain musik biasanya suka membentuk group band. hal ini tentu mempunyai peluang untuk mengirimkan karyanya atau demo musik ke perusahaan rekaman atau untuk awal-awal bisa mencoba jalur Indie Label. 

Jika keberuntungan berpihak, maka gerbang kesuksesan ada dipelupuk mata. Namun, bagaimana jika hanya hobi mendengar musik? Tentu ini juga memilik peluang yang sama. Dalam artian, 

jika kita mau mengeksplore bisnis yang berkaitan dengan hobi musik ini sangat banyak. Sebagai contoh ada lho seseorang yang saking senang dengan musik ia membuka distro baju yang berkaitan dengan nama-nama pemusik baik didunia maupun di Indonesia. 

Bisa juga dengan membuat aneka souvenir, stiker, tas, dan lain sebagainya. Biasanya semua akan berembel-embel dengan nama-nama pemusik dan alirannya. Di Indonesia sendiri  sering kita temukan adalah Slank dan OI (orang Indonesia), komunitas Fans Iwan Fals. 

7. Ngeblog

Bersyukurlah jika anda punya hobi ngeblog seperti saya karena ini memiliki peluang besar untuk bisa menghasilkan uang. Hobi ngeblog pada dasarnya berakar pada kecintaan akan menulis. 

Blogger yang selalu menulis setiap informasi atau pengetahuan lewat blognya, maka ini akan berpotensi menjaring pengunjung dari orang yang ada diberbagai belahan dunia. Saat ini banyak individu menjadikan ngeblog sebagai pekerjaan utama karena hasilnya yang cukup memuaskan.

Dan bagi pecinta permainan kartu bisa mencoba agen permainan yang terperya di

Hobi-Hobi- Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis Hobi-Hobi- Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis Reviewed by filem asik on 13.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.